Woluo nda ti'ita nato? Ti'iti oni...

Google
Web pinogu

30 Desember 2008

Tips dan trik Membasmi Virus Lokal Dan Luar Negeri (Bag. I)


Kita tidak dapat mengehilangkan virus karena virus tidak akan ada habisnya berkembang dari waktu ke waktu. baik varian maupun jenisnya. Namun kita dapat meminimalisasi perkembangannya terutama dengan terlebih dahulu membasmi virus yang menghinggapi komputer/laptop kita. Dalam tulisan ini saya mencoba mengangkat tips dan trik membasmi virus. Mungkin kelihatan basi tapi tulisan ini berdasarkan pengalaman saya sebagai pembasmi virus walaupun hanya amatiran. Dan alhamdulillah 99% berhasil. berikut tipsnya:



  1. Hal yang paling utama anda harus lakukan adalah dengan tentunya menyediakan Antivirus portabel (tanpa diinstal) misalnya PCMAV dan ANSAV . Keduanya adalah persyaratan yang harus dipenuhi. Karena berdasarkan pengalaman saya, terkadang ada virus yang tidak dapat dibaca atau dihapus oleh PCMAV, dapat dilakukan oleh ansav yang saat ini versinya adalah ansav beta 2.0.11. Sebaiknya untuk melakukan scan, gunakan PCMAV (versi saat ini PCMAV-1.91) terlebih dahulu karena pcmav selain mampu membersihkan virus lokal juga dapat memperbaiki sistem yang telah diacak-acak oleh virus. Jika oleh PCMAV tidak terdeteksi (namun anda yakin ada virus) maka barulah gunakan ANSAV.

  2. Bagi anda yang sering membasmi virus di kompie orang lain, sebaiknya dan harus dilakukan, enkrip-lah dengan ekstensi zip, PCMAV dan ANSAV anda menggunakan program enkripsi seperti 7zip dan izarc. Ada baiknya setelah dizip, buatlah keduanya menjadi program self-extracting dengan menggunakan izarc. Langkahnya dengan klik kanan pada file zip lalu pilih izarc - self extracting.

  3. Setelah PCMAV dan Ansav telah ada sediakan file repair.inf (klik untuk mendownload). File ini digunakan apabila registry, task manager, folder options dan lain-lain diblok oleh virus. Untuk menggunakannya, klik kanan pada file tersebut lalu klik instal.

Tidak ada komentar: