Woluo nda ti'ita nato? Ti'iti oni...

Google
Web pinogu

24 Mei 2008

Rp 1,5 Miliar Bangun Jalan Tulabolo - Pinogu

2008-04-05 08:33:33

Swakelola Libatkan Rakyat Setempat Sekaligus Pengawasan

SUWAWA - Pemkab Bone Bolango melalui Bagian Pembangunan merencanakan akan melaksanakan pembangunan jalan Tulabolo - Pinogu di tahun 2008. Rencana itu menyusul diterimanya izin dari Mneteri Kehutanan RI seperti diungkapkan Sugondo Makmur.

Kabag Pembangunan Setkab Bone Bolango Sugondo Makmur mengatakan, pihaknya sudah mengantongi izin dari Menhut RI. Meski diakuinya untuk melaksanakan pembangunan masih harus melakukan koordinasi dengan pihak Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) terutama menyangkut masalah teknis seperti penetapan titik-titik koordinat dan lain sebagainya. Diungkapkannya pula, pemerintah melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2008 telah menyediakan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk membangun jalan beton selebar 2 meter yang dilengkapi dengan portal itu. "Rencanaya, pembangunan jalan Tulabolo - Pinogu itu akan diswakelola dan pengerjaannya diserahkan kepada masyarakat setempat," kata Sugondo.

Ditanya apakah swakelola itu tidak akan bertentangan dengan aturan mengingat jumlah anggaran mencapai diatas satu miliar rupiah ? Sugondo mengatakan, langkah melakukan swakelola dan melibatkan masyarakat itu dimaksudkan sebagai langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kerusakan TNBNW. Dituturkannya, dengan swakelola semacam itu sudah dapat dipastikan akan menghindari penggunaan alat berat. "Kita tidak menghendaki pembangunan jalan Tulabolo - Pinogu itu akan merusak atau mengganggu TNMBN," tandasnya.

Lebih jauh Sugondo mengatakan, sudah dapat dipastikan pembangunan jalan Tulabolo - Pinogu itu akan dilaksanakan Tahun 2008 karena semuanya sudah siap termasuk anggarannya. Namun begitu, untuk melaksanakan pembangunan tersebut masih dibutuhkan koordinasi dengan pihak BAlai TNBNW yang bermarkas di Kabupaten Bolaang Mongondow Provinsi Sulawesi Utara. gpinfo

(http://dishubbonebolango.org)

Tidak ada komentar: